Sabtu, 25 Desember 2010

Kedua



Judul Buku         :Sang Pengubah Mitos (Kisah-kisah Inspirasional yang Siap Mengubah
                              Segala Kelemahanmu)                 
Penulis                : M. Iqbal Dawami
Penerbit               : Diva Prez Yogyakarta
Cetakan               :Juli 2010
Tebal
                    : 250, hal
ISBN
                    : 978-602-955819-7

Strategi Membangkitkan jiwa


Beratnya beban hidup yang kita pikul seringkali membuat diri kita kehilangan spirit dan gairah. Dan, tragisnya lagi bila di tambah adanya sebuah tekanan dan tuntutan sungguh membuat diri kita semakin tak berdaya menghadapinya. Maka dari itu, pentingnya sebuah kemampuan diri untuk menyulut dan membangkitkan spirit yang sudah ada dalam jiwa kita. Sesungguhnya kekuatan terbesar yang ada dalam diri manusia adalah spirit dan motifasi diri bukan tenaga super kuat serta fisik yang mumpuni
Mimpi menjadi orang sukses dan berhasil dalam hidup di dunia ini merupakan visi dan misi manusia secara keseluruhan. Namun, kesuksesan dan keberhasilan hidup di dunia ini bila diri kita hidup dalam serba kekurangan seolah dalam diri kita muncul pernyataan “tidak mungkin”. Menjalani kehidupan dengan penuh sikap pesimisme tentunya semakin memperburuk diri kita sendiri.
M.Iqbal Dawami, seolah memahami keingintahuan pembaca mengenai apa dan bagaimana seharusnya menjalani kehidupan ini dengan penuh spirit. Dengan gaya bercerita yang mengisahkan orang-orang sukses, mudah ditangkap, dan runut, M. Iqbal Dawami membantu pembaca untuk merangsang dan menumbuhkan spirit dalam menjalani hidup di dunia ini.
Isi buku ini, terbagi menjadi tiga bab. Bab pertama, penulis membahas tentang bagaimana caranya kita membangkitkan jiwa spirit kita yang sudah ada dalam jiwa kita sendiri. Spirit merupakan modal bagi kita untuk bangkit meraih segala impian. Kebanyakan orang melihat penderitaan sebagai suatu “takdir” yang tak dapat di elakan. Akan tetapi bila kita belajar kepada para tokoh-tokoh di dunia yang sudah sukses Misalnya, Toyotami anak petani asal negeri Jepang yang bertubuh kecil dan tak berpendidikan namun mampu menjadi penakluk dan penguasa tertinggi di Jepang. Berkat usaha menutupi segala kekurangan dalam dirinya  Ia mampu mengungguli para pesaingnya yang berdarah biru dan menjadi penguasa di seluruh Jepang dapat kita ketahui bahwa pada awalnya mereka sukses karena usaha keras dan jerih payah melalui proses yang lama (Hal 31).
Pada bab Kedua, hendaknya, kita sebagai manusia biasa mau belajar dari mereka para tokoh-tokoh dunia. Setidaknya perjalanna hidup mereka(para tokoh dunia) dapat menjadi sumber inspirasi bagi diri kita sendiri. Hidup memang membutuhkan perjuangan dan kesadaran. Lebih penting lagi, bagiamana diri kita mampu menyulut dan membangkitkan spirit dalam situasi dan kondisi apapun sehingga perasaan minder, mustahil dapat dijawabnya.
Kisah sejarah orang sukses tidak saja menjadi inspirasi bagi kita, namun di sadari maupun tidak dapat membangkitkan emosi, spirit, dan ide-ide cemerlang untuk kita terapkan dalam jiwa kita. Seperti, “cerita ahlak Nabi Muhamad SAW bagaiamana kelembutan dan ketabahan sikapnya dalam mensiarkan agama Islam” secara tidak langsung kita dapat mengambil metode dakwah kita untuk di jadikan sebagai pedoman hidup dalam kehidupan bermasyarakat. Kehidupan di zaman modern seperti sekarang ini banyak di antara kita yang kehilangan spiritual dan budi pakerti yang baik. Seolah cara hidup kita sepertinya hanya mementingkan materi semata sehingga menjadikan diri kita egois dan sombong-sombongan (hal 97).
Dan, pada akhirnya pada bab yang ketiga buku ini mengajak kepada kita (pembaca) untuk dapat mengarahkan orentasi dari pekerjaan yang kita lakukan. Apakah pekerjaan kita bermanfaat bagi diri kita sendiri atau kepada orang lain. Barangkali pekerjaan yang kita lakukan hanya sebatas kenikmatan sesaat. “Ada lima rahasia yang perlu kita ketahui dalam kehidupan fana ini yaitu: lebih merenung, lebih mengambil resiko, lebih mencintai, lebih menikmati dan lebih memberi”. Perlu kita sadari, bahwa apa yang kita lakukan menjadi catatan sejarah dalam hidup di dunia ini. Kesimpulnya, buku ini menegur kita bahwa jika tidak bisa melakukan hal terbesar dalam kehidupan ini padahal kita sudah memaksimalkan dengan semua potensi kita, maka lakukanlah hal yang terkecil sesuai kemampuan kita (hal 238).
Buku ini, sangat berharga bagi para pembaca yang sedang panik menghadapi persoalan kehidupan di era kontemporer. Kehidupan masyarakat di era modern banyak yang mengedepankan materi semata sehingga jiwa spiritual di tinggalkan. Bahkan karena terlalu mengejar materi banyak orang frustasi dan bunuh diri. Oleh sebab itulah, pentinganya diri kita menekankan jiwa spiritual sehingga nantinya kita akan mampu mengendalikan jiwa kita sendiri.
Dengan kehadiran buku ini, setidaknya dapat membantu menyulut spirit dalam diri kita. Karena spirit dalam diri kita adalah faktor penentu visi dan misi kehidupan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar