Minggu, 08 Januari 2012

Memahami Logika Kehidupan


Dimuat Koran Jakarta, 05-01-2012

Judul Buku:Logika Hidup: Logika Ekonomi, Rasisme, dan Politik Kantor
Penulis:  Tim Hardford
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Jakarta
Tahun: 1 Januari 2011
Tebal: 416 halaman
Harga:Rp,75.000


Dalam kehidupan, kerap kali diri kita dihadapkan dengan hasil yang tidak memuaskan. Padahal segala hal yang akan kita lakukan sudah terencana dengan baik-baik. Baik, melalui proses berfikir yang mendalam maupun segala antsisipasi. Hal ketidakpastian, ketidakberuntungan, dan kerugian acapkali membuat tak berdaya dalam hidup. Sudahkah, kita memahami logika kehidupan?

Memahami logika kehidupan sangat penting. Sebagai upaya mengantisipasi sejak dini segala hal kerugian.walaupun toh, dari logika yang kita putuskan tidak selalu benar dalam menimbang segala sesuatu. Setidaknya, segala tindakan dan perbuatan yang kita logikan sudah menuju ke titik yang benar. Mengingat, memahami logika kehidupan proses awal menuju keberuntungan. Bukankah, melogikan sesuatu dengan matang memantapkan diri kita untuk bertindak?

Buku bertajuk “Logika Hidup”: Logika Ekonomi di balik Kejahatan, Rasisme, dan Politik Kantor” karya  Tim Hardford ini, mengajak kepada para pembaca untuk berpikir secara mendalam dalam berbagai hal kehidupan. Sehingga, membantu diri kita menerima dampak negatif dari apa yang kita kerjakan. Tim Hardford, berusaha memotret kehidupan seseorang saat dalam membuat keputusan hidupnya. Karena, seseorang kerap kali menggunakan cara-cara yang tidak rasional untuk melawan pikiran mereka sendiri.

 Di tengah kondisi kehidupan seperti sekarang ini yang dimana biaya hidup semakin mahal, berpikir cerdas dan matang merupakan suatu keharusan untuk di lakukan seseorang. Dengan demikian, bagi siapa saja yang mencoba menggunakan logika hidup seperti para ekonom kemungkinan besar peluang untuk terhindar dari segala konsekuensi negatif dapat terhindari sedini mungkin. Cotoh konkritnya, bagi seseorang orang yang suka melakukan hubungan dengan perempuan PSK maka ia akan mudah terinfeksi HIV. Penulis buku ini, mengajak pembacanya untuk berpikir seperti para filosof sebelum bertindak.
Menurut Tim Hardford, para ekonom selalu mencari logika tersembunyi di balik kehidupan. (Hal  xi) Awalnya, diri kita memang sering membuat perhitungan-perhitungan yang kompleks tentang biaya dan manfaat secara rasional namun saat hasrat nafsu memuncak kita mudah sekali terdorong untuk melakukan sesuatu yang kurang menguntungkan. Nah, dalam konteks inilah buku ini menarik di baca. 

Logika hidup, amat penting bagi kita untuk digunakan sebelum bertindak dan berbuat sesuatu. Sebab, menggunakan logika hidup menjadikan segala sesuatu yang akan kita kerjakan menjadi tanpa beban. Sebaliknya tanpa logika, hawa nafsu akan selalu mendorong diri kita untuk berbuat yang kurang rasional. Karena segala “Perilaku kita yang rasional akan menghasilkan keajaiban” (hal 399)  

Sebab, semakin matang persoalan yang dilogikan, maka semakin kecil kemungkinan kesalahan yang keliru. Bagi kita, logika hidup para ekonom patut untuk di pertimbangkan. Sebagai buah pemikiran dari pengamatan ekonom, sulit bagi kita meragukan muatan yang terkandung dalam buku ini. Sekaligus, menjadi bukti betapa pentingnnya logika hidup yang di cetuskan oleh para ekonom untuk kita ikuti. Walaupun buku ini cukup sulit dipahami, namun tetap menarik untuk dibaca. Didalamnya banyak tertuang ide-ide mencerdaskan. Sebagai upaya untuk meminimalisir segala kerugian di masa mendatang.

 Buku ini, membantu diri kita untuk mendapatkan jawaban dari setiap perbuatan yang akan membahayakan di masa mendatang. Dan, merangsang pikiran kita untuk memikirkan segala hal yang akan di lakukan dengan jernih serta perhitungan yang matang sebelum bertindak dan berbuat. Berpikir sebelum bertindak adalah awal  menuju kearah keberuntungan.

Peresensi  Ketua Himpunan Mahasiswa Alumni Keluarga Tebuireng Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar