Sabtu, 29 Maret 2014

Menjaga Wibawa Sastrawan



Judul buku      : PESAN AL-QURAN UNTUK SASTRAWAN: Esai-Esai Budaya dan Agama
Penulis               :  Aguk Irawan
Tahun Terbit   : 2013
Penerbit            :  Jalasutera Yogyakarta
Tebal                    : 434 halaman
Harga                  : RP68.000



Seorang Sastrawan memiliki keistimewaan dalam Islam. Mengingat dunia sastra di dataran Arab kala itu sangat digandrungi oleh masyarakat. Dimana kaum Arab saat itu menggantungkan karya-karya terbaik seperti puisi di dinding Ka'bah. Sebagai simbol kebesaran dan kebanggaan suku atau ras yang mengalir pada darah mereka. Bahkan, saat itu juga seorang sastrawan amat disegani, melebihi hartawan, agamawan, maupun filusuf.

Mengutip Muhammad bin Sulam al-Jumahi, pengamat sastra Arab, peran penyair semakin menjadi-jadi manakala kitab suci Al-Qur'an diturunkan kepada Muhammad. Al Qur'an yang mengandung nilai estetika yang luar biasa membuat para sastrawan kala itu berjuang menandinginya. Padahal Al Qur an sendiri merupakan kitab suci Mahakarya Tuhan, bukan sebuah kitab sastra.Setidaknya  kata penyair disebutkan secara khusus 10 kali dan 60 kali secara istimewa oleh Al Qur an.

Ironisnya, sekarang ini dunia sastra sedang digemparkan dengan sesuatu hal yang miring, yakni mengabaikan nilai-nilai etika. Aroma kebebasan dalam menciptakan karya lebih dikedepankan. Dari mulai perilaku sastrawan yang tak bermoral karena berbuat asusila dan liberalisme karya-karya sastra. Dimana karya sastra berisikan cerita-certi seksual, yang jauh dari nilai edukasi. Aguk Irawan, penulis buku ini mencoba menggugah kesadaran kaum sastrawan untuk mengedepankan nilai-nilai etika. Pasalnya dalam kitab suci Al Qur'an sudah banyak.

 Al Qur’ an sebagai kitab suci umat Islam, tidak menginginkan sebuah karya sastra seperti puisi hanya untuk menghayal ke lembah-lembah tanpa maksud kebaikan atau mengumbar hawa nafsu dan sejenisnya. Sudah selayaknya seorang sastrawan mementingkan ideologi(tentunya dengan tidak melupakan estetika ), bagaiamana karya sastra harus memberikan pencerahan, hikmah, kesadaran sosial dan kesadaran berbangsa, demi sebuah kebudayaan.

Teguran tersebut termaktub dalam Al Qur’ an. “Penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang sesar. Tidakah kau lihat mereka menenggelamkan diri dalam sembarang lembah khayalan dan kata. Dan mereka sering mebgujarkan apa yang tak mereka kerjakan. Kecuali bagi mereka yang beriman, beramal baik, banyak mengingat dan menyebut Allah dan melakukan pembelaab ketika didzalimi.”( Qs As Sy'ura, 224-227)

Kualitas karya sastra yang baik tidak hanya terlukiskan dalam sebuah pilihan kata-kata semata. Namun, juga menyiratkan pesan moral yang positif bagi pembacanya. Prasayarat tersebut yang sejatinya diperhatikan oleh para sastrawan. Sehingga, kesucian sastra dapat terjaga. Memang pada hakikatnya sastra adalah dunia rekaan. Ia frasa atau kalimat yang berbalutkan daya imajinatif dan estetis. Karena mengandung intensi, baik berupa pikiran, perasaan, pandangan, gagasan atau segenap pengalaman kejiwaan. 

Merujuk pendapatnya Profesor A. Teeuw, karya sastra tidaklah terlahir dari kehampaan budaya. Ia adalah sesuatu yang terkait antara tradisi, agama, dan filsafat ilmu sebagai cermin atas realitas sosial. Karya sastra bukan kerja lamunan belaka, melainkan juga penghayatan sastrawan terhadap kehidupan yang dilakukan yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab sebagai sebuah karya seni.( halaman 52 )


Sekarang ini, karya satra banyak yang dibuat sedemikain pornonya. Dengan dalil kebebasan mewujudkan ekspresi kebebasan berkarya.  Misalnya, berbau seksual sekarang ini melimpah ruah.  Misalnya karya sastrawan perempuan seperti,  Oka Rusmini, Ayu Utami, Djenar Mahesa Ayu, Clara Ng, Dinar Rahayu, Nova Riyanti dan Herlinaties. Seks yang semula tabu dibicarakan mengemuka dalam bentuk-bentuk sastra menjadi suatu hal yang biasa saja. Karya sastra tersebut di populerkan sebagai bagaian dari bentuk perjuangan sastra perempuan yang selama ini terpinggirkan. Walaupun toh cara demikian sah-sah saja, namun tidak mengedepankan etika.Jika terus memunculkan karya sastra yang telanjang dan vulgar, jelas berpengaruh meliarkan syahwat masyarakat dan tentu berdampak negatif.


Buku karya Aguk Irawan ini, merupakan sebuah kumpulan tulisan yang sudah lama mendekam di sebuah folder. Penulis kemudian, membumbuinya kembali dan dijadikan buku. Terlepas dari kekurangan buku ini, yakni masih sebatas tulisan reflektif. Sebagai buku kumpulan tulisan ini belum mencerminkan sebuah karya yang utuh. Akan lebih menarik, jika penulis menghadirkan pesan suci ini, yang diambil dari kitab suci semua agama. Kendati demikian, buku setebal 430 halaman ini amatlah penting. Ajakan menggugah kesadaran para sastrawan untuk tidak seenaknya sendiri dalam menciptakan sebuah karya sastra patut diapresiasi. 

 Sebagaimana dikatakan oleh Radhar Panca Dharama, sastrawan seharusnya dapat mengambil posisi untuk juga berpesan meluaskan pemahaman manusia, karena dalam hal-hal tertentu ia juga menyimpan'kebenaran ' dalam isi dan bentuknya, sebagai penyeimbang, dan sebagai solusi alternatif acuan-acuan budaya modern yang terasa kian tak mencukupi.

Ahmad Faozan, Pendiri Sanggar Kepoedang(Komunitas Penulis Muda Tebuireng), tinggal di PP Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

3 komentar:

  1. Assalammu'alaikum.. masih adakah buku nya? Mohon info nya.. terimakasih wassalammu'alaikum..

    BalasHapus
  2. Assalammu'alaikum.. masih adakah buku nya? Mohon info nya.. terimakasih wassalammu'alaikum..

    BalasHapus