Kamis, 18 Agustus 2011

Menggali Gagasan dan Pemikiran “Islam” Agus Salim


(Di muat di Analisisnews.com)
Jumat, 19 Agustus 2011

Judul Buku : Pesan-Pesan Islam, Rangkain Kuliah Musm Semi 7953 di Cornell University Amerika Serikat 
Penulis                  : Agus Salim 
Penerbit                 : PT. Mizan Pustaka
Tahun                    : I, Mei 2011
Tebal                     : 389 halaman
Harga                    : 82.500,-

 Intelektualitas Agus Salim sudah tidak lagi di pandang sebelah mata. Berbekal keilmuan luas, dialah kaum intelektual asal Indonesia yang pernah di undang untuk menjadi dosen menyampaikan pemahaman Islam di Cornell University, AS pada tahun 1953. Seluk beluk Islam, beliau beberkan secara luwes. Siapapun yang mengajaknya dialog beliau melayani dengan argumen menakjuban. Yang dapat di terima dengan kepala dingin.
Gagasan dan Pemikiran Islam Agus Salim sangat jernih dan luas. Terbukti, beliau berani berpendapat bahwa, dasar agama tidak perlu berubah walaupun, toh tata pelaksanaannya yang berubah. Melihat kondisi kekinian, dengan apa yang di perlihatkan fenomena sosial dimana ada sebagian sekelompok umat Islam sendiri yakni, penebar teror serta menolak perubahan tentu bertolak belakang bukan dengan ajaran Islam?
Ajaran Islam senantiasa dapat diaktualisasikan di setiap zaman. Untuk memberi jawaban persoalan kontemporer. Oleh sebab itulah, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam yang benar serta mendalam merupakan suatu keharusan. Dengan harapan, segala persoalan dapat di temukan jawaban. Bukankah, dalam ajaran kitab suci Al Qur’an mengandung banyak kisah hidup manusia. Dari mulai, nabi Adam hingga hingga sekarang, dan mungkin besok sudah ada.
Sebagaiman kita ketahui, salah sedikit memahami ajaran Islam maka akan berakibat fatal. Misalnya, memahami tentang toleransi, jender, jihad, dan hukum.  Maka dari itulah, kemampuan mengaktualisasikan ajaran Islam sesuai dengan konteks zamannya menjadi keharusan bagi umat Islam. Bukankah,  di era kontemporer banyak sekali persoalan baru?
Buku “Pesan-Pesan Islam” buah pemikiran Agus Salim ini hadir. Membantu, meluruskan pandangam buruk terhadap Islam. Buku yang merupakan rekaman sepenggal episode sejarah pemikiran Islam dari cendekiawan muslim Indonesia “Hadji Agus Salim” membantu menambah pengetahuan kita akan seluk belum Islam. Adapun materi-materi perkuliahan yang disampaikan oleh Agus Salim di buku ini meliputi, pembahasan rukun Iman dan Islam, pengertian Islam, Islam mengatur segala hal, keadaan negar-negara Islam masa kini, dll.
Dengan upaya menggali sejarah pemikiran Islam Agus Salim, untuk dikontekstualisasikan dalam kehidupan beragama sekarang ini menjadi penting. Setidaknya, menambah kedalaman kita dalam mengkaji Islam secara sempurna. Ajaran agama Islam akan dapat di terima oleh siapa saja, bila orang yang menyampaikannya memunyai intregritas.
Berbeda, dengan orang yang hanya memahami dan mengetahui Islam secara sepenggal-sepenggal ajaran Islam nampak kaku dan keras. Mengaktualisasikan pemikiran dan gagasan tentang Islam Islam Agus Salim saat ini, dapat menjadi spirit bagi umat Islam untuk belajar tentang Islam secara mendalam. Bukankah, dunia saat ini membutuhkan pemahaman Islam yang rasional dengan logika dan kepala dingin?
Sebagaimana dikatakan Anis Baswedan dalam pengantarnya, buku ini menuturkan Islam kepada orang lain dengan bercerita tentang Islam dari gagasan utamanya dan sejarahnya, lalu secara sistematis dan runut mengajak kita mengambil hikmah serta berdialog dengannya tentang berbagai isu kontemporer. Buku yang berisi gagasan dan pemikiran Islam Agus Salim ini menarik untuk di baca. Khusunya, bagi umat Islam. Lewat buku ini pula, dapat membantu pemahaman yang benar dan jernih akan seluk beluk Islam. Merugi, bila Anda mengesampingkan begitu saja. Selamat membaca!
*)Ahmad Faozan, Ketua Himasakti (Himpunan Mahasiswa Alumni Santri Tebuireng) Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar