Sabtu, 15 Desember 2012

'Jurus Ampuh' Melipatgandandakan Penjualan


Judul:  Disc The Soul of Selling: Melipatgandandakan Penjualan dan meningkatkan Loyalitas dengan Memahami Perilaku Customer
Penulis: Evillin Kumala Warangian
Penerbit: Salima Jakarta
Tahun: 1, Oktober 2012
Tebal: 280 halaman
Harga:Rp. 50.000

Demi menarik simpatik para customer, seorang salesman tidak cukup hanya mengandalkan kecakapan berkata-kata semata. Pasalnya, seorang sales harus siap di uji dengan berbagai sikap dan perkataan yang kurang sedap dari sebagian customernya seperti, cemohan, kritikan pedas, menunggu berjam-jam. Untuk itulah, memiliki beberapa kemampuan lain seperti, skill, intregritas, melobi, dan mentalitas menjadi hal penting. Tahukah Anda, apa strategi paling jitu bagi para salesman untuk menaklukan hati para customernya?


Membekali diri dengan pengetahuan yang mendalam menjadi syarat mutlak bagi seorang salesman. Dengan semikian, pekerjaan menjual/memasarkan produk dapat berhasil. Sesungguhnya, dari perjuangan para saleslah suatu perusahaan dapat meraup keuntungan melimpah. Mengingat, sales merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan dalam hal penjualan. Konon, seberapapun skala usahannya dan apapun usahannya tak akan meraih kesuksesan jika tak ada seorang sales. 


Buku ini, memberikan strategi baru untuk melipatgandakan dan meningkatkan penjualan produk. Evilin Kumala, memperkenalkan  metode “Dominant Interaktive Careful Supportive” (DISC) membantu Anda memahami dan mengenali rahasia para customer. Metode  DISC ini, sudah teruji tingkat akurasinya untuk menilai orang pada berbagai lapangan pekerjaan, status sosial, dan struktur masyarakat dari masa ke masa. Bahkan, sudah diakui banyak orang di dunia.  Sehingga, pantas untuk diterapkan dalam konteks penjualan. Lebih  dari 40 juta orang di dunia sukses dengan menggunakan metode ini dan merasakan manfaatnya.


Menurut mantan salesman ini, metode DISC menyimpan beberapa faktor kepribadian manusia yaitu: D(Dominant) tipe prilaku individu yang lebih berorientasi pada tujuan dan tugas.I(Interactive) adalah tipe perilaku individu yang lebih berorientasi pada tujuan dan hubungan dengan orang lain. S(Suportive)adalah tipe perilaku individu yang lebih berorientasi pada orang dan proses.C(Careful) adalah tipe perilaku individu yang lebih berorientasi pada proses dan tugas. Kepribadian manusia pada dasarnya bersifat tetap sepanjang hidup(hal,41)


Berkat, pengalamannya di dunia sales selama dua puluh tahun sekaligus menghantarkannya menjadi orang yang sukses di bidang penjualan. Tentu saja, ia mengetahui dan memahami berbagai macam karakter customer. Dan patut untuk di gali ilmunya. Menurutnya, sebelum menggunakan metode DISC seorang salesman terlebih dahulu mengetahui dua hal paling pokok yakni. Pertama, mengoptimalkan selling skills Anda sebagai salesman. Pasalnya setiap sales memiliki prioritas, kekuatan, kelemahan, dan motifasi yang berbeda. Sama halnya dengan customer Anda yang memiliki prioritas, kebutuhan, dan harapan. 


Kedua, mengungkap rahasia yang tak pernah terungkap dalam dunia sales melalui tekhnik mengenali Customer dengan memperhatikan bahasa vebal dan non verbal, apakah customer termasuk tipe visual, auditori maupun kinestetik. Karena ditopang oleh kemajuan dunia tekhnologi dan informasi, penting bagi para salesman untuk menguasai jurus-jurus yang mampu memukau untuk menaklukan  customer. “Tanpa mengenal customer Anda, semua proses sales yang Anda lakukan akan sia-sia.”(hlm, 38)


Salah satu cara lain untuk memahami karakter dan watak customer yang diperkenalkan buku ini, yakni melalui tulisan tangan. Misalnya, jika customer tulisannya miring, berarti ia lebih mengandalkan komunikasi lisan. Sedangkan, bergaya tulisan tegak, menandakan customer Anda lebih suka mengandalkan komunikasi tertulis. “Melalui karakteristik tulisan tangan yang beragam dari para cusomer Anda para sales dapat mengetahui cara pandang terhadap diri dan lingkungannya hingga orientasi hidup seseorang khususnya customer”.(hlm 205)


 Buku setebal 208 halaman ini, juga akan semakin memudahkan Anda mengetahui karakteristik dari para customer Anda. Sebagaimana dikatakan R. Dwisanti, dari Natinolan District Management Head, perusahaan asuransi asing di Indonesia dalam pengantarnya, buku ini sangat relevan untuk dibaca oleh siapapun yang bekerja dibidang sales, baik para tenaga penjualan dilapangan maupun di tingkat manajerial. 

Oleh  Ahmad Faozan, pembaca buku, tinggal di Yogyakarta.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar