Judul: Disc The Soul of Selling:
Melipatgandandakan Penjualan dan meningkatkan Loyalitas dengan Memahami
Perilaku Customer
Penulis: Evillin Kumala Warangian
Penerbit: Salima Jakarta
Tahun: 1, Oktober 2012
Tebal: 280 halaman
Harga:Rp. 50.000
Demi menarik simpatik para customer, seorang salesman
tidak cukup hanya mengandalkan kecakapan berkata-kata semata. Pasalnya, seorang
sales harus siap di uji dengan berbagai sikap dan perkataan yang kurang sedap
dari sebagian customernya seperti, cemohan, kritikan pedas, menunggu berjam-jam.
Untuk itulah, memiliki beberapa kemampuan lain seperti, skill, intregritas,
melobi, dan mentalitas menjadi hal penting. Tahukah Anda, apa strategi paling
jitu bagi para salesman untuk menaklukan hati para customernya?
Membekali diri dengan pengetahuan yang mendalam
menjadi syarat mutlak bagi seorang salesman. Dengan semikian, pekerjaan
menjual/memasarkan produk dapat berhasil. Sesungguhnya, dari perjuangan para
saleslah suatu perusahaan dapat meraup keuntungan melimpah. Mengingat, sales
merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan dalam hal penjualan. Konon,
seberapapun skala usahannya dan apapun usahannya tak akan meraih kesuksesan
jika tak ada seorang sales.
Buku ini, memberikan strategi baru untuk
melipatgandakan dan meningkatkan penjualan produk. Evilin Kumala,
memperkenalkan metode “Dominant
Interaktive Careful Supportive” (DISC) membantu Anda memahami dan mengenali
rahasia para customer. Metode DISC ini,
sudah teruji tingkat akurasinya untuk menilai orang pada berbagai lapangan
pekerjaan, status sosial, dan struktur masyarakat dari masa ke masa. Bahkan,
sudah diakui banyak orang di dunia.
Sehingga, pantas untuk diterapkan dalam konteks penjualan. Lebih dari 40 juta orang di dunia sukses dengan
menggunakan metode ini dan merasakan manfaatnya.
Menurut mantan salesman ini, metode DISC menyimpan
beberapa faktor kepribadian manusia yaitu: D(Dominant) tipe prilaku individu
yang lebih berorientasi pada tujuan dan tugas.I(Interactive) adalah tipe
perilaku individu yang lebih berorientasi pada tujuan dan hubungan dengan orang
lain. S(Suportive)adalah tipe perilaku individu yang lebih berorientasi pada
orang dan proses.C(Careful) adalah tipe perilaku individu yang lebih
berorientasi pada proses dan tugas. Kepribadian manusia pada dasarnya bersifat
tetap sepanjang hidup(hal,41)
Berkat, pengalamannya di dunia sales selama dua
puluh tahun sekaligus menghantarkannya menjadi orang yang sukses di bidang
penjualan. Tentu saja, ia mengetahui dan memahami berbagai macam karakter
customer. Dan patut untuk di gali ilmunya. Menurutnya, sebelum menggunakan
metode DISC seorang salesman terlebih dahulu mengetahui dua hal paling pokok
yakni. Pertama, mengoptimalkan selling skills Anda sebagai salesman.
Pasalnya setiap sales memiliki prioritas, kekuatan, kelemahan, dan motifasi
yang berbeda. Sama halnya dengan customer Anda yang memiliki prioritas,
kebutuhan, dan harapan.
Kedua, mengungkap rahasia yang tak pernah terungkap dalam dunia
sales melalui tekhnik mengenali Customer dengan memperhatikan bahasa vebal dan
non verbal, apakah customer termasuk tipe visual, auditori maupun kinestetik.
Karena ditopang oleh kemajuan dunia tekhnologi dan informasi, penting bagi para
salesman untuk menguasai jurus-jurus yang mampu memukau untuk menaklukan customer. “Tanpa mengenal customer Anda,
semua proses sales yang Anda lakukan akan sia-sia.”(hlm, 38)
Salah satu cara lain untuk memahami karakter dan
watak customer yang diperkenalkan buku ini, yakni melalui tulisan tangan.
Misalnya, jika customer tulisannya miring, berarti ia lebih mengandalkan
komunikasi lisan. Sedangkan, bergaya tulisan tegak, menandakan customer Anda lebih
suka mengandalkan komunikasi tertulis. “Melalui karakteristik tulisan tangan
yang beragam dari para cusomer Anda para sales dapat mengetahui cara pandang
terhadap diri dan lingkungannya hingga orientasi hidup seseorang khususnya
customer”.(hlm 205)
Buku setebal
208 halaman ini, juga akan semakin memudahkan Anda mengetahui karakteristik
dari para customer Anda. Sebagaimana dikatakan R. Dwisanti, dari Natinolan
District Management Head, perusahaan asuransi asing di Indonesia dalam
pengantarnya, buku ini sangat relevan untuk dibaca oleh siapapun yang bekerja
dibidang sales, baik para tenaga penjualan dilapangan maupun di tingkat
manajerial.
Oleh Ahmad
Faozan, pembaca buku, tinggal di Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar